Senin, 20 April 2015

Universitas PGRI Yogyakarta


Universitas PGRI Yogyakarta adalah salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi yang berdiri di bumi Ngayogyakarta. Universitas yang lebih dikenal dengan singkatan UPY ini merupakan satuan lembaga perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh YP UPY. Dimana UPY dulu sebuah Institut yaitu IKIP PGRI Yogyakarta yang berdiri pada tanggal 11 Desember 1962 dalam bentuk
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berlokasi di SGA Stelladuce yang berlokasi di kompleks lapangan Trenggono, Klitren Kidul, Yogyakarta. Pada tahun 1964 kampus FKIP Yogyakarta pindah di SD Ungaran Kotabaru Yogyakarta (sekarang SDN Ungaran 2) lalu pada tahun 1981 pindah lagi ke kompleks SGPLB di Jalan Wates, Kalibayem, Yogyakarta. Dan pada tahun 1984, IKIP PGRI Yogyakarta memiliki gedung milik sendiri di kawasan Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul sampai sekarang.
Untuk perkembangannya dalam memenuhi tuntutan masyarakarat maka Universitas PGRI Yogyakarta mulai menambah program studi hingga saat ini yaitu:
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
AKREDITAS
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Sejarah
B
Bimbingan dan Konseling
B
Pendidikan Matematika
B
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
B
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
B
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
C
Pendidikan Bahasa Inggris
C
Ekonomi
Akutansi
B
Manajemen
B
Teknik
Teknik Informatika
B
Pertanian
Agroteknologi
C
Program Pasca Sarjana
Pendidikan IPS
B
            
Dengan adanya 12 progrm studi yang disediakan, UPY semakin tahun semakin memajukan dirinya untuk bisa bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya dengan mengemban moto “Gerbang Kompetensi Masa Depan”nya. Dari tahun ke tahun memulai membangun fasilitas yang dibutuhkan mahasiswanya sesuai program studi yang ada.
            
Tujuan UPY adalah mendidik mahasiswa menjadi sarjana dan magister yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, berkepribadia, berakhlak mulia, cakap mandiri, kreatif dan inovatif, kompetitif dan profesional, memiliki komitmen nasional yang tinggi serta berwawasan global.
Lembaga dan pusat yang dimiliki UPY adalah lembaga pengabdian masyarakat dan pusat penelitian. Unsur pelaksana administrasi terdiri dari biro-biro, bagian-bagian dan bentuk lain yang dianggap perlu. Biro yang dimiliki UPY adalah BAU, BAAK RENSI, dan biro keuangan, yang masing-masing mempunyai bagian- bagian. Unsur penunjang terdiri dari UPT, laboratorium, poliklinik dan bentuk lain yang dianggap perlu. UPT yang dimiliki UPY yaitu UPT perpustakaan, UPT komputer, UPT bahasa. Laboratorium dikelola masing-masing program studi. Bentuk laboratorium sesuai dengan program studi yang mengelola.
Adapun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang bertujuan mengasah Kreatifitas, Ketrampilan, Komunikasi, serta Sosialisasi para Mahasiswa, antara lain;
1.     UKM Seni, yang terdiri dari UKM MusikUKM TeatherUKM Tari, dan UKM Paduan Suara, dan UKM Fotografer.
2.     UKM Olahraga, yang terdiri dari UKM Tae Kwon DoUKM BadmintonUKM Tenis MejaUKM VolleyUKM Takraw, dan UKM Futsal.
3.     UKM Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam).
4.     UKM Racana (Kepramukaan).
5.     UKM Menwa (Resimen Mahasiswa).


Sumber :

2 komentar:

  1. ril ini yang ukm kurang lengkap,,,,ad 12 ukm di UPY, kebetulan aku ada datanya kalau kamu membutuhkan

    BalasHapus
  2. Iya kah? Referansiku cuma dari buku panduan sama website e :O :-D

    BalasHapus