I.
Peranan Penggunaan Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang
menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah,
menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi
(TI) menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara,
dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi,
tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam
modern (misalnya ponsel).
Mengetahui beberapa contoh dari Teknologi Informasi tersebut, maka peranannya dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain peranan dan penerapan Teknologi Informasi ini dapat melingkupi banyak bidang, antara lain dalam hal: Pendidikan, Kesehatan, Perbankan, Bisnis maupun Perusahaan. Karena Teknologi Informasi yang perkembangannya begitu cepat, secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan
Teknologi Informasi untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.
A.
Dalam bidang Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring
perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, makalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi
audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat
komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang
atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses
belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien
sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
B.
Bidang Kesehatan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah
satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem
inidapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang
datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat
mengetahui riwayat penyakit pasien. Contoh lainnya ialah digunakannya robot
untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil
pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
C.
Sektor Perbankan
Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi
adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal
dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui
Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan,
pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan
saldo hingga transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan
Teknologi Informasi dalam bidang perbankan.
D.
Bidang Bisnis
Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan
transaksi jual-beli, pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula
untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaranbarang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputerlainnya.
E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang atau E-Commerce merupakan bagian dari E-Business,
dimana cakupan E-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan
data (databases),
e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain
seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
E.
Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi telah banyak digunakan oleh
para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku
usaha merasa perlu menerapkan Teknologi Informasi dalam lingkungan kerja.
Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja.
Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu
aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
II.
Peranan dalam Bidang Militer, Seni
dan Budaya serta Olahraga
A.
Bidang Militer
Kemajuan pesat teknologi informasi secara khusus
diimplementasikan dalam konsep yang disebut Perang Informasi (Information
Warfare), yang menjadi landasan penting bagi pengembangan doktrin militer di
masa datang.
Dengan demikian
teknologi informasi akan sangat berpengaruh terhadap perubahan strategi
militer. Hal ini bisa dilihat dari dua sisi. Pertama, dari sisi komandan,
Teknologi Informasi dapat membantu menyediakan informasi potensial lebih cepat
dan banyak melalui rantai komando dan pengendalian untuk mempercepat
pengambilan keputusan. Kedua, dari sisi kemampuan pasukan, Teknologi Informasi
memungkinkan pasukan mendapat informasi pada waktu dan tempat yang tepat,
sehingga akan mengurangi apa yang oleh Clausewitz disebut "kabut
perang", dan juga membuat pasukan menjadi lebih fleksibel.
Implementasi dari
teknologi informasi secara umum adalah berupa konsep Revolution in Military
Affairs (RMA). RMA membahas konsep lingkup perang di masa yang akan datang,
yaitu precision strike, dominating maneuver, space warfare, dan information
warfare.
Sesuai asas manajemen, teknologi informasi membuat organisasi militer dapat sedikit melonggarkan pengendalian. Teknologi Informasi memungkinkan kekuasaan pengambilan keputusan diserahkan pada tingkat serendah mungkin.
Sesuai asas manajemen, teknologi informasi membuat organisasi militer dapat sedikit melonggarkan pengendalian. Teknologi Informasi memungkinkan kekuasaan pengambilan keputusan diserahkan pada tingkat serendah mungkin.
Dalam pengertian
integrasi sistem, Teknologi Informasi membuat kompleksitas pada organisasi
militer lebih berat dari pada sebelumnya. Kompleksitas ini dapat diatasi dengan
menggunakan peranti lunak yang dirancang untuk keperluan tersebut terutama
perkembangan pesat pada peranti lunak data base.
Dalam hal
infrastruktur, militer yang baru memembutuhkan jaringan informasi yang dengan
band width besar. Sebagai contoh Perang Teluk, infrastruktur yang digelar mampu
menampung 700.000 sambungan telepon, 152.000 pesan setiap hari, dan menggunakan
30.000 frekuensi radio.
Aplikasi
penggunaan teknologi informasinya pada :
a. Mengendalikan senjata dan peluru
kendali
b. Operasi persandian dan pengirimannya
c. Simulasi perang
d. Navigasi alat-alat perang
B.
Bidang Seni dan Budaya
Tidak dapat kita pungkiri bahwa teknologi sangatlah memiliki
peran penting dalam kehidupan manusia, seperti teknologi informasi yang
bersumber dari televisi, internet dan lain sebagainya. Melalui media-media itu
kita bisa melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa kita. Di sinilah teknologi
bisa memainkan perannya dalam pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa
indonesia,
Jenis dan Peran Teknologi dalam
Melestarikan Budaya dan Nilai Luhur Bangsa Indonesia:
1. Televisi
Televisi merupakan salah satu media penyampaian informasi,
misalnya informasi tentang kebudayaan. Maka dari itu, industri pertelevisian
perlu menambah acara–acara tentang kebudayaan Indonesia. Selain memberikan
informasi tentang kebudayaan Indonesia kepada masyarakat umum, tayangan
tersebut juga dapat dijadikan ajang promosi kepada dunia tentang kebudayaan
Indonesia. Sehingga menarik para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke
Indonesia. Serta menghindari pengklaiman kebudayaan Indonesia oleh negara lain
seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini.
2. Internet
Merupakan media penyampaian informasi yang dapat digunakan
dalam pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Contoh dari media
internet yang sekarang ini lagi populernya di masyarakat kita maupun masyarakat
dunia, yaitu:
a. Media Facebook dan Twitter
Melalui facebook dan twitter kita bisa melestarikan budaya
dan nilai luhur bangsa Indonesia dengan menampilkan berbagai group tentang
tradisi, makanan, dan kesenian daerah. Kita juga dapat mengenalkan dan
melestarikan budaya kita dengan cara memakai foto profil yang sedang
menggunakan baju daerah atau pun menggambarkan suatu kegiatan kebudayaan kita.
b. Media
Youtube
Kita bisa menampilkan berbagai macam video mengenai kesenian
daerah bangsa Indonesia, contohnya Tari Tanggai dari Sumatera Selatan. Selain
itu juga, kita bisa menampilkan video yang menggambarkan kerukunan, rasa
menghormati dan tenggang-rasa, dan juga video tentang gotong royong yang merupakan
ciri dari bangsa Indonesia.
c. Media BLOG
Blog adalah suatu media yang digunakan untuk mengekspresikan
pemikiran-pemikiran dari seseorang, di dalam upaya pelestarian budaya nasional
dan nilai-nilai luhurnya media blog juga sangat bisa memainkan perannya,
diantaranya dapat dijadikan sebagai lahan untuk mempublikasikan kebudayaan
Indonesia, yang diharapkan nantinya bisa menjadi sumber referensi dan informasi
bagi masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia.
C.
Bidang Olahraga
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan
dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peranan penting dalam
menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang
disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat
disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga , baik dari
luar negeri maupun dari dalam negeri.
Media Internet merupakan media audio visual, artinya media
menampilkan gambar hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat.
Tetapi berbagai media internet lebih ke media visual nya saja. Berbeda dengan
media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada
kertas tertentu.
Kabar di dunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada
bidang Sepak bola yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah
dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin
mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai.
Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin
mendapatkan informasi sepak bola, kali ini di dalam artikel akan dijelaskan
dimana pemanfaatan komputer di bidang olahraga, yang di bantu oleh media
internet sebagai penerimaan informasi olah raga.
Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan
para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang
olahraga khusunya sepak bola luar negeri maupun dalam negeri. Dalam pemanfaatan
komputerisasi ini para pencinta sepakbola di manjakan oleh kabar-kabar terbaru,
dimulai dari pemain-pemain baru sampai ke hasil pertandingan sepak bola.
Dari tampilan GUI Goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur-fitur yang
didalamnya sangat membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan informasi
yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer di bidang olahraga
menjadi popular pada saat ini, dikarenakan banyak sekali kelebihan untuk
mengakses informasi olah raga. Berikut perbandingan antara penerimaan informasi
dengan pemanfaatan komputer dan media cetak :
Pembanding
|
Media Internet
|
Media Cetak
|
Akses
|
Mudah
|
Lebih Mudah
|
Referensi
|
Banyak
|
Terbatas
|
Efesien
|
Efesien
|
Kurang efesien
|
Efektif
|
Efektif
|
Kurang efektif
|
Fleksibel
|
Sangat Fleksibel
|
Terbatas
|
Diasumsikan bahwa populasi presentase pengguna internet di
Indonseia adalah sebagian besar memanfaatkan komputer di bidang olahraga dengan
cara mencari informasi olahraga di media internet. Sebagaimana dilansir
oleh ANTARA News, bahwa Internet menjadi platform berita paling populer ketiga
di Amerika Serikat, di bawah siaran televisi daerah dan nasional di negara itu,
demikian survei Internet & American Life Project dan Project for Excellence
in Journalism, Pew Research Center, Senin.enurut survei itu, 78 persen dari
2.259 orang dewasa AS yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa
pada hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.Lalu, 73
persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan televisi nasional seperti CBS
atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen mengaku, di hari biasa,
mereka mendapatkan berita dari laman berita Internet.
A.
Kesimpulan
Penggunaan
teknologi informasi dalam berbagai bidang
sangat berperan penting. Teknologi informasi membantu danlam menyelesaikan
permasalahan dalam kehidpan sehari-hari. Teknologi juga membantu dalam
menyebarkan informasi dalam bidang seni dan budaya serta membantu dalam bidang
olahraga dan militer. Sehingga teknologi sangat dibutuhkan dalam penggunaannya
di berbagai bidang untk membantu menyelesaikan masalah.
B.
Saran
Teknologi informasi harus digunakan
sebaik-baiknya. Jangan menyalahgunakannya karena akan merugikan orang lain.
Teknologi informasi sangat berbahaya jika disalahgunakan. Misalnya rahasia yang
seharusnya tidak untuk tatapan umum menjadi tersebar jika ada oknum yang
menyalahgunakanya untuk kepentingan pribadi. Lebih berhati-hati dalam menyimpan
data dan diberikan password agar tidak mudah dibobol oleh oknum yang tidak
bertanggungjawab.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar